Rekomendasi 5 Universitas Terbaik dengan Jurusan Jurnalistik di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi, jika banyak orang yang bercita-cita menjadi reporter, editor, penulis naskah, konten kreatif, program director, dan lain sebagainya.

Berkaca pada tingginya minat anak muda terhadap bidang yang satu ini, membuat Jurusan Jurnalistik menjadi salah satu jurusan favorit.

Buat kamu yang mau kuliah Jurnalistik, bagaimana dengan kampusnya? Jurusan ini tidak ada di seluruh perguruan tinggi, loh! Dari pada bingung, yuk lihat Jurnalistik pada masing-masing Perguruan Tinggi ini.

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Pada Universitas ini, Jurusan Jurnalistik masuk ke dalam Program studi Ilmu Komunikasi yang masih menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Di fakultas yang satu ini, Jurusan Jurnalistik terbagi menjadi dua konsentrasi, yakni jurusan Public Relations dan Marketing serta konsentrasi Jurnalistik. Program studi Ilmu Komunikasi Undip telah mendapatkan Akreditasi A dan BAN-PT.

Selain itu, Jurusan Jurnalistik Undip ini sendiri merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, loh.

2. Universitas Indonesia (UI)

Pada universitas ini, Jurusan Jurnalistik juga masuk ke dalam ranah Program studi Ilmu Komunikasi.

Menyandang akreditas A dari BAN-PT, Universitas ini telah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal untuk para mahasiswanya.

Untuk kamu yang tertarik dengan jurusan Jurnalistik di Universitas Indonesia nantinya tidak akan dibebani dengan uang gedung dan biaya kuliah karena akan disesuaikan dengan pendapatan wali masing-masing.

Sebagai info tambahan, nantinya kamu dapat mengambil peminatan Jurnalistik pada jurusan Ilmu Komunikasi melalui beragam jalur seleksi mahasiswa baru di Universitas Indonesia seperti SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI - Paralel, Talent Scouting, dan SIMAK UI.

3. Universitas Padjajaran (Unpad)

Perguruan tinggi selanjutnya adalah Universitas Padjajaran (Unpad). Buat kamu yang berminat dengan Jurusan Jurnalistik, kamu dapat mengambil jurusan ini di Universitas Padjajaran.

Program Studi Jurnalistik di Universitas Padjajaran memiliki tujuan untuk membentuk sarjana-sarjana terampil dalam menghimpun, mengolah, menyajikan data, serta menyampaikan informasi secara luas lewat media massa.

4. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara Tangerang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk belajar jurnalistik karena tidak cuma membekali mahasiswanya dengan ilmu seputar jurnalistik atau multimedia, melainkan juga soft skill etika jurnalistik.

Selain itu, mahasiswa UMN juga diajak untuk mengekplorasi bentuk baru jurnalisme, di antaranya virtual reality (VR) journalism, augmented reality (AR) journalism, data journalism, drone journalism, visual journalism, hingga mobile journalism.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Selain keempat universitas di atas kamu juga dapat memilih Universitas Airlangga untuk mempelajaru bidang jurnalisme lebih dalam.

Pada universitas ini, kamu dapat memilih dua peminatan, diantaranya Media Studies (mempelajari ilmu seputar media semisal televisi, radio, film, advertising, hingga jurnalistik) dan juga Corporate Communication (public relations, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, dan manajemen komunikasi perusahaan).

Nah, itulah rekomendasi beberapa universitas dengan Jurusan Jurnalistik Terbaik di Indonesia. Dari beberapa universitas di atas kamu berminat masuk keman nih?

Comments

Popular Posts