Simak Perbedaan Jurnalis, Wartawan, dan Reporter!


Kamu pasti sudah pernah mendengar profesi jurnalis, wartawan, dan reporter, bukan?

Jurnalis, wartawan, dan reporter sering dianggap sama, karena ketiganya berprofesi sebagai pencari berita. Namun, ada pula yang berpandangan bahwa jurnalis, wartawan, dan reporter merupakan tiga profesi berbeda.

Pengertian Jurnalistik, Wartawan, dan Reporter

Pengertian Jurnalis

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalis diartikan sebagai orang yang pekerjaannya mengumpulkan serta menulis pemberitaan, baik di media massa cetak, ataupun elektronik.Kegiatan jurnalistik yang dimaksudkan adalah proses pencarian, pengumpulan, peliputan, dan penulisan berita.

Selanjutnya, berita akan disebarluaskan lewat media massa cetak atau elektronik. Misalnya, seperti artikel yang teman-teman sering baca di Parboaboa ini adalah hasil kerja dari jurnalis, lo.

Pengertian Wartawan

Pengertian wartawan dalam KBBI adalah orang yang pekerjaannya mencari serta menyusun berita untuk kemudian dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Istilah wartawan sebenarnya merupakan pengembangan dari kata ‘warta’ yang memiliki arti berita.

Pengertian Reporter

Reporter dalam KBBI diartikan sebagai orang yang pekerjaannya melaporkan, seperti berita peristiwa yang aktual.Reporter merupakan salah satu contoh kata serapan yang berasal dari Bahasa Inggris, yaitu report. Report dalam Bahasa Indonesia artinya adalah melaporkan. Hanya saja dalam bahasa Indonesia, kata reporter mendapat akhiran -er.

Perbedaan Jurnalis, Wartawan, dan Reporter

1. Asal-usul Bahasa

Mulai dari asal-usul katanya saja sudah berbeda. Wartawan berasal dari bahasa Indonesia dimana kata warta artinya berita dan kata wan artinya orang. Sama halnya dengan sebutan fisikawan dan relawan. Sementara itu jurnalis berasal dari bahasa Inggris yakni dari kata journalist. Journal berarti laporan dan orang yang membuat laporan tersebut dipanggil sebagai journalist.

Sedangkan, Reporter merupakan salah satu contoh kata serapan yang berasal dari Bahasa Inggris, yaitu report. Report dalam Bahasa Indonesia artinya adalah melaporkan. Hanya saja dalam bahasa Indonesia, kata reporter mendapat akhiran -er.

2. Penempatan Kata

Perbedaan lain dari ketiga istilah ini terletak pada penggunaannya. Kata wartawan lebih sering digunakan untuk media cetak atau tertulis. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh kata wartawan yang jauh lebih dulu dikenal di kalangan masyarakat.

Sementara itu untuk istilah jurnalis lebih banyak digunakan di lingkungan media elektronik seperti televisi. Ini mungkin dipengaruhi oleh sifat modern dari istilah jurnalis yang berasal dari bahasa Inggris. Sedangkan reporter lebih sering diperuntukkan untuk orang yang sedang menyiarkan atau sedang memberitakan video pada media elektronik.

3. Perusahaan

Jurnalis, wartawan, dan reporter merupakan profesi yang bertugas untuk memperoleh berita dengan cara mendatangi narasumber atau sumber informasi. Sebenarnya, inti pekerjaan jurnalis, wartawan, dan reporter sama, yakni mencari, meliput, dan memproduksi berita, untuk disebarkan kepada masyarakat.

Perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter terletak pada penggunaan istilah saja. Karena ketiganya tetap punya makna yang sama, yakni profesi pencari berita. Berbeda perusahaan medianya, penyebutan untuk jurnalis, wartawan, dan reporter biasanya juga berbeda. Ada yang menyebutnya jurnalis, namun ada pula perusahaan media yang menyebut sang pencari berita sebagai wartawan atau reporter.

Itulah informasi seputar perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter, semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts