Peranan Pers Dalam Memberi Informasi


berbisacra tentang pers, apa yang ada dibenakmu? Ya, tentu terlintas dalam pikiranmu tentang wartawan yang bersiaga dengan kamera dan handphone sebagai peralatan perangnya di lapangan.

Indonesia adalah negara hukum yang menganut sistem demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu nilai yang terkandung di dalamnya ialah menjamin kemerdekaan menyampaikan pendapat, baik secara lisan maupun tulisan.

Oleh sebab itu, selain memberikan informasi, pers juga berperan sebagai sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pendapatnya.

Berdasarkan UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers, dikatakan bahwa pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik. Hal ini meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, gambar, suara, maupun media elektronik, dan segala saluran yang tersedia.

Kebebasan pers harus tetap dijunjung tinggi sebagai salah satu upaya penegakan demokrasi di negara Indonesia serta dapat menjalankan fungsi pers sebaik mungkin.

Menurut pasal 33 UU No.40 Tahun 1999 tentang pers, dikatakan bahwa pers merupakan media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial.

Pers Sebagai Media Informasi

Salah satu peranan pers yang paling penting adalah sebagai media informasi. Perlu diketahui bahwa masyarakat memiliki hak untuk mengetahui informasi tentang berbagai hal, seperti informasi politik, ekonomi, hobi, serta berbagai bidang lainnya.

Maka dari itu, pers harus memberikan informasi yang akurat dan berimbang. Tak hanya itu, pers juga bertanggungjawab dalam menyebarkan beragam informasi demi mendukung kemajuan masyarakat. Pers juga turut berperan dalam proses pembangunan yang sedang dilaksanakan setiap warga negara.

Pers Sebagai Media Pendidikan

Seiring perkembangannya, pers juga memegang peranan penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Pers berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan wawasan manusia. Informasi yang disebarluaskan lewat media hendaknya berfungsi untuk mendidik, mencerdaskan, serta dapat mendorong pembaca untuk berbuat kebaikan.

Pers Sebagai Media Hiburan

Dalam UU No. 40 Tahun 1999 Pasal 3 Ayat 1, dikatakan bahwa salah satu fungsi pers adalah sebagai media hiburan. Adapun jenis hiburan yang disajikan oleh pers tetap berpegang pada aturan yang berlaku. Hiburan harus tetap mendidik serta tidak melanggar nilai moral, agama, HAM, dan peraturan lain yang tidak diperbolehkan.

Pers Sebagai Media Kontrol Sosial

Peranan pers yang selanjutnya ialah untuk mengontrol, mengkritik, sengoreksi sesuatu yang bersifat tidak membangun atau konstruktif. Dalam pelaksanaannya, pers juga berperan dalam mengawasi jalannya birokrasi, sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai macam tindakan penyelewengan, seperti korupsi, kolusi, nepotisme (KKN), dan berbagai penyimpangan lainnya.

Pers Sebagai Lembaga Ekonomi

Selain sebagai kontrol masyarakat dan media hiburan, pers juga merupakan lembaga ekonomi. Di mana media massa bukan hanya bertujuan untuk menghidupi penerbit media massa sendiri, namun juga dituntut untuk membantu atau menyerap lapangan pekerjaan. Dengan demikian, pers diharapkan mampu berorientasi kepada kepentingan publik daripada kepentingan bisnis.

Nah, bagaimana? Sampai disini sudah semakin memahami tentang peranan pers bukan? Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi seluruh pembaca.

Comments

Popular Posts