Ingin Jadi Jurnalis? Ini 7 Tips yang Harus Kamu Lakukan!

Hai sobat blog…

Siapa nih yang cita-citanya ingin menjadi jurnalis? Yap, profesi yang satu ini memang cukup diminati masyarakat luas. Bagaimana tidak, profesi jurnalis dikenal cukup menjanjikan baik saat ini maupun di masa depan. Apalagi, jenis profesi ini sudah pasti akan selalu dibutuhkan dari masa ke masa.

Namun sebelum itu, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi jurnalis yang baik. Apa sajakah itu? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

7 Tips Menjadi Jurnalis yang Baik

1. Siapkan mental

Hal yang pertama harus kamu siapkan untuk menjadi jurnalis yang baik adalah mental. Tentunya dalam setiap profesi mental memang sangat diperlukan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang jurnalis, mental yang dipersiapkan harus sangatlah kuat. Sebab, seorang jurnalis akan selalu mendapatkan banyak tekanan dan juga bakal dihadapkan dengan deadline yang sangat banyak.

2. Siapkan fisik

Poin kedua ini tentu tidak lepas dari poin pertama. Deadline dan tekanan tentu akan mempengaruhi fisik seorang jurnalis. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan fisik yang baik untuk dapat menghadapi semua masalah yang kemungkinan akan terjadi.

3. Harus bekerja secara cepat dan akurat

Sebagai seorang jurnalis, kamu tentunya tidak boleh bekerja secara asal-asalan. Jurnalis dapat dikatakan sebagai ujung tombak jalannya media di seluruh dunia. Update informasi terbaru haruslah cepat karena persaingan antar media tentunya juga menjadi alah satu faktor. Akan tetapi, keakuratan berita juga harus diperhatikan. Maka dari itu, jurnalis diharapkan bisa bekerja dengan cepat dan akurat.

4. Menguasai bentuk-bentuk berita

Dalam menulis berita, tentu banyak topik yang dapat ditulis. Mulai dari politik, olahraga, ekonomi, tekno, dan lain-lain. Nah, sebagai seorang jurnalis, kamu harus siap dalam menulis berbagai macam jenis ataupun bentuk berita yang akan disajikan.

Tidak lupa pula untuk menguasai penulisan berita dalam bentuk hard news, soft news, ataupun feature. Karena setiap kanal berita tentunnya memiliki bentuk penyajian berita yang bermacam-macam pula, tergantung kanal pemberitaan.

5. Dapat bekerja multitasking

Kesibukan seorang jurnalis membuatnya harus dapat melakukan pekerjaan secara bersamaan. Sebagai seorang jurnalis harus bisa mengerjakan banyak hal secara bersamaan, misalkan wawancara sekaligus menulis berita tersebut untuk mengejar deadline berita. Jadi, seorang jurnalis memang harus siap dengan segala hal.

6. Menguasai banyak media sosial

Sebagai seorang Jurnalis, kamu harus mengerti bagaimana pemanfaatan media sosial. Seperti yang kita ketahui, media sosial saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, jurnalis dapat memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan berbagai informasi dan menyebarkan informasi hingga bisa dikonsumsi masyarakat.

Nah, jika kamu ingin membuat berita menjadi konten di media sosial, berikut beberapa hal yang bisa kamu perhatikan.

  • Tentukan Key Performance Indicator (KPI). KPI merupakan indikator kuantitatif yang menunjukkan seberapa berhasil konten tersebut seperti traffic, engagement, branding, dll.
  • Definisikan Pembacamu
  • Tentukan usia, lokasi, dll.
  • Pengemasan dan Proses Upload
  • Bagaimana pengemasan konten dan timing tergantung media yang dipakai. 
  • Analisa Hasil
  • Melihat apakah semuanya sudah baik atau perlu ada yang diubah terutama pada #1.
  • Lanjutkan Strategi Konten yang berhasil
  • Mengulang strategi seperti konten yang telah berhasil.

7. Memahami penggunaan SEO

Setelah menguasai pemakaian media sosial, seorang jurnalis juga harus memahami bagaimana penggunaan SEO (Search Engine Optimization). Sebagai informasi, SEO adalah teknik penulisan judul dan caption yang memungkinkan konten dapat muncul di halaman pertama search engine (Google, Yahoo, Bing, dll).

Penerapan SEO diperlukan untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat yang akan mengakses internet agar menaikkan traffic. Tentunya hal ini juga bersangkutan dengan keperluan bisnis dari media tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi seorang jurnalis yang baik. Bagaimana? Apakah kamu siap menjadi jurnalis?


Comments

Popular Posts